Pelaksanaan minggu ke-3 Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sampai dengan minggu ke-3 Provinsi NTT Telah berhasil mengimunisasi 694.774 anak atau 39,85% dari total sasaran proyeksi sebesar 1.743.359 anak. Capaian ini telah melawati target provinsi maupun nasional sampai dengan tanggal 19 Agustus 2018 sebesar 37%.

Jika dibandingkan dengan cakupan rata-rata nasional sebesar 27,91 maka tentunya cakupan NTT sudah jauh melampaui. Namun jika dibandingkan dengan target bulan Agustus sebesar 65%, maka masih kurang 25,15% cakupan yang harus dikejar dalam 12 hari tersisa di bulan Agustus ini.

Cakupan Provinsi NTT di tingkat nasional berada di urutan 5 tertinggi di bawah Provinsi Papua Barat, Bali, Lampung dan Sulawesi Utara, naik 1 peringkat jika dibandingkan dengan keadaan pada minggu kedua.
Tiga Kabupaten dengan cakupan tertinggi di NTT adalah Kabupaten Sabu Raijua (49,87%), Kabupaten Manggarai Timur (49,17%) dan Kabupaten Lembata (47,08%), sedangkan tiga Kabupaten dengan cakupan terendah adalah Kabupaten Flores Timur (18,28%), Kabupaten Rote Ndao (26,77%) dan Kabupaten Ngada (27,86%). Jika dibandingkan dengan rata-rata cakupan Provinsi NTT maka telah ada 14 kabupaten/Kota dengan cakupan di atas target dan rata-rata Provinsi, sedangkan 8 lainnya masih di bawah target dan rata-rata Provinsi NTT.

Tren cakupan imunisasi NTT menurun pada minggu ketiga dimana pada minggu ketiga jumlah anak NTT yang diimunisasi sebanyak 147.809 anak, jauh menurun dari capaian pada minggu kedua sebanyak 395.889 anak.
Tantangan terbesar tahun 2018 dalam pelaksanaan MR di berbagai provinsi adalah penundaan imunisasi MR karena alasan sertifikasi halal dari MUI yang belum diterbitkan. Sampai minggu ke-3 Agustus sejak merebaknya isu halal-haram vaksi MR, pemerintah pusat masih melakukan upaya untuk mendapatlan titik temu pelaksanaan imunisasi MR dengan MUI Pusat, melalui berbagai pertemuan agar didapatkan kesepahaman dalam pelaksanaan imunisasi MR. Informasi terakhir masih menunggu Fatwa MUI terkait pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR. Sedangkan khusus di Provinsi NTT, tantangan terberat yang dialami adalah tersendatnya alur distribusi logistik MR. Kondisi tersebut dikarenakan pengiriman logistik dari pusat ke provinsi secara bertahap/tidak sekaligus dan alokasi komponen logistik MR tidak dikirim bersamaan, sehingga pengiriman ke Kabupaten tersendat-sendat, ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Namun para petugas imunisasi MR di Kabupaten/Kota dan di puskesmas sangat antusias dalam mensukseskan kegiatan MR di Provinsi NTT demi terbentuknya Kekebalan Kelompok/Herd Immunity anak-anak se-Nusa Tenggara Timur.

Selain terbatasnya logistik, penurunan cakupan pada minggu ketiga juga terkait perayaan hari kemerdekaan RI yang berlangsung di pertengahan minggu sehingga membuat pelayanan imunisasi di sekolah-sekolah tidak terlaksana. Namun pada beberapa Kabupaten imunisasi tetap bisa dilaksanakan, seperti yang terjadi di Kabupaten Kupang dimana dibuka pos pelayanan imunisasi pada saat hari perayaan HUT Kemerdekaan RI untuk melayani imunisasi MR kepada anak sekolah. Ajang perayaan kemerdekaan RI juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi kampanye imunisasi MR kepada masyarakat melalui penyebaran informasi Kampanye Imunisasi MR dalam Pawai HUT Kemerdekaan RI yang dilangsungkan di berbagai kota di Provinsi NTT.





Sedang Online

We have 8 guests and no members online

Login Anggota

RAKERKESDA PROVINSI NTT, Hotel Aston Kupang, 23 – 26 April 2019, Tema “KOLABORASI PROGRAM PEMBANGUNAN KESEHATAN ANTARA PUSAT DAN DAERAH MENUJU NTT BANGKIT DAN SEJAHTERA DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ”

RAKERKESDA PROVINSI NTT, Hotel Aston Kupang, 23 – 26 April 2019, Tujuan : “MENINGKATKAN KOLABORASI PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA DENGAN DUKUNGAN PUSAT DALAM PENGUATAN PELAYANAN KESEHATAN MENUJU CAKUPAN KESEHATAN SEMESTA”

RAKERKESDA PROVINSI NTT, Hotel Aston Kupang, 23 – 26 April 2019, Tema “KOLABORASI PROGRAM PEMBANGUNAN KESEHATAN ANTARA PUSAT DAN DAERAH MENUJU NTT BANGKIT DAN SEJAHTERA DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ”

RAKERKESDA PROVINSI NTT, Hotel Aston Kupang, 23 – 26 April 2019, Tujuan : “MENINGKATKAN KOLABORASI PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA DENGAN DUKUNGAN PUSAT DALAM PENGUATAN PELAYANAN KESEHATAN MENUJU CAKUPAN KESEHATAN SEMESTA”

REVOLUSI KIA NTT : Semua Ibu Hamil Melahirkan Di Fasilitas Kesehatan Yang Memadai